PENDAHULUAN
Pengertian Perilaku konsumen
Perilaku konsumen di
definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha
memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses
pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan tindakan
tersebut
Pemikiran
yang Benar Tentang Konsumen
Pemikiran yang benar
tentang konsumen ialah sifat yang benar tentang dari konsumen tersebut. Seperti
sebagai berikut :
a. Konsumen
adalah Raja
Dapat dibilang demikian
karena suatu keputusan dalam proses pembelian dari suatu barang atau jasa ada
pada keputusan konsumen tersebut. Jadi dapat diartikan atau dalam makna kiasan
Konsumen adalah Raja.
b. Perilaku
Konsumen dapat dibujuk atau dirayu oleh Produsen
Maksud dari kalimat
diatas yaitu Produsen dapat membujuk atau merayu konsumen untuk melakukan
transaksi pembelian barang dari produsen dengan maksud melakukan metode
pemasaran kepada Konsumen untuk membujuk Konsumen membeli barang atau jasa.
c. Motivasi
dan Perilaku Konsumen dapat Dipahami Melalui Penelitian
Melakukan penelitian merupakan
suatu media atau alat untuk memahami dari perilaku konsumen tersebut, sehingga
penelitian ini dipakai sebagai acuan dalam membuat program pemasaran,
perencanaan periklanan, perencanaan promosi sehingga hal-hal yang terjadi pada
masa yang akan datang dapat diprediksi. Hal ini akan berdampak positif untuk
melakukan program selanjutnya kepada konsumen
Penelitian
Konsumen Sebagai Suatu Bidang Yang Dinamis
Dalam suatu penelitian
terhadap konsumen menganggap konsumen sebagai Suatu Bidang yang Dinamis. Mengapa
dapat disimpulkan demikian yaitu konsumen terdiri dari berbagai macam latar
belakang, sifat, kemampuan yang berbeda-beda jadi oleh sebab itu hal ini lah
yang merupakan suatu bidang yang dinamis dalam Perilaku Konsumen.
Selain itu ada beberapa pendekatan dalam melakukan sebuah penelitian tentang perilaku konsumen, misalnya sebagai berikut ;
Selain itu ada beberapa pendekatan dalam melakukan sebuah penelitian tentang perilaku konsumen, misalnya sebagai berikut ;
a. Pendekatan
Interpretif.
Arti dari pendekatan
interpretif adalah pendekatan yang dilakukan dengan cara menggali secara
mendalam hal apa saja yang didasari pada perilaku konsumen.
b. Pendekatan
Tradisional
Pendekatan ini didasari
oleh ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu
sosiologi. Pendekatan Tradisional memahami tentang penjelasan dan pegambilan
keputusan-keputusan yang ada pada perilaku konsumen.
c. Pendekatan
Sains Pemasaran
Pada pendekatan ini
ilmu dan teori yang digunakan adalah Ilmu Ekonomi dan matematika. Pendekatan
ini dikembangkan dengan menguji coba matematika berdasarkan hirarki kebutuhan
manusia.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar