MEMPENGARUHI SIKAP DAN PERILAKU
1.Dari bujukan hingga komunikasi
Berawal dari Stimulan yang merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas
rangsangan pemasaran dari pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu
sendiri. Sedangkan proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor
personal maupun sosial konsumen. Respons perilaku konsumen dapat dijadikan
faktor yang dapat membentuk keputusan pembelian (yaitu pembelian selanjutnya)
atau tidak melakukan pembelian (menolak produk yang ditawarkan).
Rangsangan
pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen
yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi
mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan
yang dapat dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik
modifikasi yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui
beberapa aspek pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek
promosi.
2. Teknik modifikasi perilaku
Modifikasi
perilaku menunjuk kepada teknik mengubah perilaku, seperti mengubah perilaku
dan reaksi seseorang terhadap suatu stimulus melalui penguatan perilaku adaptif
dan/atau penghilangan perilaku maladaptif melalui hukuman. Istilah ini pertama
kali digunakan oleh Edward Thorndike pada tahun 1911 dalam artikelnya
Provisional laws of acquired behavior or learning.
Eksperimen
psikologi klinis menggunakan istilah modifikasi perilaku untuk
merujuk pada teknik psikoterapi khususnya untuk meningkatkan perilaku adaptif
dan menghilangkan yang maladaptif. Dua istilah lain yang berhubungan adalah
terapi perilaku dan analisis perilaku. Dalam hal ini, beberapa penulis,
menganggap bahwa modifikasi perilaku cakupannya lebih luas.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar